Kamis, 11 Februari 2016

Merencanakan Dan Membuat Sebuah Blog Yang Sukses

Merencanakan Dan Membuat Sebuah Blog Yang Sukses

Membuat sebuah blog memang sangat gampang namun untuk membuat sebuah blog yang sukses tidaklah segampang yang dipikirkan, karena sebuah blog yang sukses membutuhkan sebuah perencanaan yang matang. dan pastinya harus sesuai dengan  hoby anda atau mungkin dengan sesuatu yang  anda suka, sebab kalo anda tidak suka dengan latar belakang blog anda pasti anda akan malas dan tidak tahu mau menulis artikel seperti apa.

Sebuah blog yang sukses akan menghasilkan pundi pundi rupiah setiap harinya, dan itu akan membuat anda tidak perlu bekerja, karena penghasilan dari sebuah blog yang sukses sangatlah banyak dan tidak akan berhenti kalo kita tidak menghentikannya.


Sebelum melangkah lebih lanjut untuk membuat sebuah blog anda harus mengetahui ini dulu. Sama halnya dengan sebuah bisnis, tidak semua bisnis dapat sukses dan mendapatkan banyak pemasukan, blog juga seperti itu kadang bisa sukses  dan ada pula blog yang tidak sukses. 

Namun itu semua tergantung dari bagaimana kita merencanakan matang matang, mengembangkan,  dan cara mengelolanya, karena itu semua berasal dari yang anda lakukan.

Baiklah ini beberapa cara yang mungkin akan membuat blog  anda menjadi sangat popular dan tentunya menghasilkan rupiah.

Pilih Topic Blog Dengan Seksama   


  
Merencanakan Dan Membuat Sebuah Blog Yang Sukses

Bagaimanapun usaha anda untuk mempromosikan konten yang ada di blog anda, kalao topic yang anda ambil ternyata salah tidak akan pernah sukses.

Maka dari itu tahap pemilihan topic sangatlah penting untuk kesuksesan blog anda.

Banyak yang membuat blog dengan topic yang salah, namun mereka tidak menyadarinya karena mereka tidak merencanakan dengan matang. Untuk memilih topic yang tepat sebaiknya anda menggabungkan hal berikut ini. 

Hal hal yang banyak orang  sukai, dan hal hal yang menyangkut keahlian anda.

Dari gabungan kedua hal tersebut kemungkinan besar akan menjadikan anda tidak bosan untuk bloging lama.

Namun dari kedua hal tersebut juga tidak selamanya akan berhasil karena mungkin sudah ada blog raksasa atau tidak banyak yang menyukai hal hal tersebut.

Dalam meilih topic perhatikan juga beberapa factor berikut ini
  1.   Pengetahuan anda tentang topic
  2.   Kesukaan/minat  anda pada topic
  3.   Berapa banyak yang bisa dibahas tentang topic tersebut
  4.  Bisakah anda membuat konten yang menarik
Namun perhatikan pada minat anda, biarpun anda berminat pada sesuatu yang mungkin orang banyak tidak suka, jangan gunakan itu menjadi topic anda, karena percuma saja, topic tersebut tidak berpotensi menjadi pembahasan orang banyak.

Membuat Blog 



Merencanakan Dan Membuat Sebuah Blog Yang Sukses



Setelah anda menentukan apa topic blog yang nantinya akan anda buat sekarang waktunya membuat blog….
Ada 2 alternatif untuk membuat sebuah blog,  

Blogspot

Yang pertama adalah blogspot. Blogspot merupakan milik mbah google dan kebanyakan para bloger saat ini lebih memilih membuatblog dengan menggunakan blogspot. 

Kenapa mereka memilih bloger mungkin karena mereka mungkin tertarik dengan google adsense. 

WordPress

Yang kedua adalah wordpress. wordpress  merupakan platform untuk membuat sebuah blog atau website, banyak para blogger sekarang lebih memilih untuk menggunakan platform ini karena mungkin lebih gampang digunakan selain itu juga lebih mudah dalam mempercantik dan mendisain segala sesuatu yang berkaitan dengan WordPress. Jika Anda berminat membuat blog wordpress bisa kesini membuat blog wordpress lengkap dengan gambar
  
Membuat Sebuah Komunitas / Bergabung Dengan Komunitas



Merencanakan Dan Membuat Sebuah Blog Yang Sukses
Setelah anda selesai dengan membuat blog, yang harus anda lakukan selanjutnya ialah membuat sebuah komunitas atau bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan topic anda.

Hal yang perlu anda lakukan yaitu:

  1.  Cari sebuah komunitas sesuai topic blog anda
  2. Bergabunglah dengan komunitas tersebut
  3.  Aktiflah dalam komunitas tersebut
  4. d.      Promosikan konten blog anda
Banyak dari para bloger yang tidak melakukan hal hal tersebut sehingga blog mereka tidak sukses, jika anda ingin blong menjadi sukses maka lakukan 4  hal diatas. Maka mereka akan dating sendiri tanpa anda suruh dan itu akan mendatangkan traffic yang melimpah.

Kemudian bagaimana untuk mencari komunitas komunnitas tersebut, gampang saja anda  bisa mencarinya di google atau difacebook anda sendiri  dan yang terpenting jangan malu dan malas untuk membangun sebuah reputasi di forum forum tersebut. Karena itu akan membuat blog anda banyak pengunjung.

Membuat Konten Yang Bermanfaat


Konten merupakan raja di sebuah blog atau website…..

Sebuah blog yang sukses pastinya memiliki konten yang sangat bermanfaat dan pastinya bukan copas milik orang lain.

Konten merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah blog, karena konten merupakan pertimbangan dan rujukan sebuah mesin pencari untuk memberi peringkat pada blog tersebut. 

Jadi jangan sampai anda melewati hal ini…. 

Membuat sebuah konten yang sangat bermanfaat dan terbaik lebih baik dari pada membuat 10 konten yang biasa biasa saja karena itu hanya akan menjadi sia sia dan pastinya akan berdapak buruk pada blog anda. 

Baca juga  Cara membuat konten berkualitas

Ada banyak cara untuk membuat sebuah konten yang bagus. Mungkin dibawah ini bisa membantu anda untuk membuat konten yang menarik.
  1.   Gabungakan konten konten terbagus yang anda punya
  2.  Tingkatkan kualitas konten tersebut
  3. Promosikan konten tersebut
Jika anda melakukan hal hal diatas, dalam waktu dekat traffic blog anda akan meningkat secara drastic dan itu akan menjadi hal positif .

Mempromosikan Konten

Merencanakan Dan Membuat Sebuah Blog Yang Sukses

Mungkin sekarang  anda bertanya

Sudah banyak konten yang saya punya dan kenapa pengunjung blog saya sepi atau sedikit?.

Kenapa bisa seperti itu jawabanya adalah anda harus mempromosikannya, 

Kenapa harus dipromosikan,?

Karena tidak mungkin mereka datang dengan sendirinya kalau mereka tidak tahu konten yang ada di blog anda.

Terus bagaimana cara saya mempromosikan konten saya?

Promosikan di forum forum yang terkait dengan topic anda di facebook / social media lainnya.

Banyak yang dapat dilakukan untuk mendapatkan banyak pengunjung namun dari hal yang gampang dilakukan adalah mempromosikan konten yang ada di blog anda, mempromosikan konten di berbagai tempat seperti forum forum facebook atau mungkin di forum yahoo answer dan banyak tempat lainnya yang bisa anda gunakan.

Blogger yang aktif mempromosikan konten blog merekalah yang akan menjadi bloger yang sukses, karena sebagus apapun sebuah konten kalau tidak dipromosikan tidak akan pernah  popular, dan jangan pernah berharap google akan menempatkan blog anda di peringkat teratas.

Berinteraksi Dengan Pengunjung

Berinteraksi Dengan Pengunjung


Apakah anda ingin para pengunjung blog anda kembali lagi untuk berkunjung ke blog anda, jika anda ingin seperti itu, jangan acuhkan pengunjung anda, balas komentar mereka buat mereka beriteraksi dengan anda, ciptakan suasana yang membuat mereka nyaman. Karena berinteraksi akan menumbuhkan sebuah loyalitas mereka  terhadap anda.

Karena itu perlu anda  lakukan agar mereka kembali lagi untuk berkunjung.

Menjaga mereka untuk kembali lagi ini adalah sebuah scenario yang sering kita lihat: seseorang menciptakan konten barunya, membawa pengunjung untuk melihat artikel tersebut dan tidak kembali lagi.

Jangan khawatir hal ini bisa diperbaiki.

Yang harus dilakukan pertama: lihat yang anda punya khususnya koonten anda. Apakah terlalu membosankan? Tidak konsisten?.

Jika itu yang terjadi maka kembali lihat bagaimana membuat konten yang bagus  diatas.

Hal yang paling penting dalam membuat pengunjung kembali ialah interaksi. Apakah anda merespon  komentar pengunjung? Dalam forum forum tempat anda promosi? Atau anda meninggalkan mereka. 

Tapi cobalah berikan balasan untuk mereka, respon kesetiap komentar yang anda terima akan lebih baik jika anda meluangkan waktu untuk melakukannya.

Dari sekian banyak blogger pemula hanya sedikit yang sukses tanpa merencanakan dari awal….

Jadi rencanakan dengan matang dulu sebelum anda membuat sebuah blog,,,, agar semua yang anda lakukan tidak sia sia dan tentunya akan mendatangkan uang yang berlimpah……

Semoga menjadi bloger yang sukses dan tentunya memberikan manfaat bagi orang lain tidak hanya mementingkan diri saja…..

Untuk yang belum mengerti bisa komen dibawah….

Salam hangat dari admin………….
  

2 komentar

wihh mantap, kebetulan juga ane lg bangun blog yang sukses mas, bisa sharing

sangat membantu bagi ane yang baru muulai ngeblog

Untuk sobat yang ingin berkomentar, berkomentarlah yang SOPAN, RELEVAN tidak mengandung SARA, PORNO, dan Link Aktif Terimakasih.